Dahulu penulisan dokumen seperti penulisan naskah atau surat
dilakukan dengan tulis tangan hingga berkembang sampai ditemukannya mesin
ketik. Dewasa ini dengan ditemukannya komputer dan program aplikasi pengolah
kata, maka pembuatan dokumen untuk kepentingan tertentu manjadi sangatlah
mudah.
Program aplikasi pengolah kata merupakan program aplikasi yang
dapat digunakan untuk membuat laporan, surat menyurat, mengetik naskah dan
lain-lain. Dengan program aplikasi
pengolah kata pembuatan dokumen menjadi sangat mudah dan memungkinkan untuk
menyimpan dan mengubah kembali dokumen tersebut sewaktu-waktu. Selain itu kita
juga dapat menambahkan tabel, grafik maupun gambar ke dalam dokumen kita.
Salah satu program aplikasi pengolah kata yang banyak digunakan di
masyarakat saat ini adalah Microsoft Word. Microsoft Word merupakan program
aplikasi pengolah kata yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation dan
tergabung dalam paket aplikasi Microsoft Office. Selain Microsoft Word ada
beberapa program aplikasi pengolah kata lainnya seperti Open Office Writer,
Star Office Writer, Libre Office Writer, Kingsoft Writer, Abi Word, Word
Prefect, dan lain-lain.
A.
MICROSOFT WORD
Microsoft word
2010 merupakan salah satu versi program aplikasi pengolah kata Microsoft Word
yang dirilis pada tahun 2009. Microsoft word 2010 memperbaiki versi microsoft
word sebelumnya yaitu microsoft word 2007.
Dengan
menggunakan program aplikasi pengolah kata Microsoft Word 2010 kita dapat
membuat dokumen word untuk berbagai kepentingan pengolahan dokumen. Dalam
membuat dan mengolah dokumen tentu saja perlu adanya pengaturan dalam dokumen
tersebut sehingga dokumen tersebut terlihat menarik.
Microsoft Word
2010 menyediakan berbagai fasilitas untuk membuat dokumen kita terlihat menarik
seperti pengaturan halaman, pengaturan teks, dan pengaturan paragraph. Selain
itu kita juga dapat menambahkan tabel, grafik, diagram dan gambar pada dokumen
word kita.
1.
Menjalankan Microsoft Word 2010
Setelah
Microsoft word 2010 terinstal di komputer maka dapat dijalankan menggunakan salah
satu cara berikut:
a. Melalui Start Button, All Programs, Microsoft Office,
dan Microsoft Office Word 2010
b.
Dengan klik dua kali pada gambar ikon shortcut Microsoft Word 2010
pada dekstop.
c.
Menggunakan kotak dialog Run. Tekan kombinasi tombol [Windows]+[R].
Maka akan muncul kotak dialog Run. Ketikan “winword” pada kotak dialog Run
tersebut kemudian tekan [Enter]
2.
Mengenal tampilan Microsoft Word 2010
Setelah salah
satu cara ntuk mengakses microsoft word 2010 di jalankan maka akan ditampilkan halaman
lembar kerja microsoft word 2010. Berikut adalah keterangan dari halaman lembar
kerja microsoft word 2010.
Keterangan:
- Tittle Bar, terletak pada bagian tengah atas jendela microsoft word. Tittle bar menampilkan nama dokumen yang sedang dibuka. Pada dokumen yang belum disimpan akan ditampilkan nama Document1, Document2, Document3 dan seterusnya.
- Sizzing Button, terletak di kanan atas jendela microsoft word. Terdiri dari tiga tombol Minimize, Restore/Maximize dan Close.
- Menu File, berisi beberapa perintah seperti Save, Save As, Open, Close, Info, Recent, New, Print, Save&Send, Help, Option dan Exit.
- Menu Tab, deretan menu di microsoft word yang menampilkan tombol-tombol perintah.
- Ribbon, berupa taksbar yang berisikan tombol-tombol perintah yang dibagi sesuai grup menu. Ribbon menggantikan menu dorop down yang dulu digunakan untuk versi microsoft office word 2003 kebawah.
- Grup Menu, berupa kelompok menu yang memiliki kesamaan fungsi yang terdapat di masing-masing tab ribbon.
- Quick Acces, menyediakan akses cepat ke perintah tertentu. Secara default quick acces menyediakan tombol Save, Undo dan Repeat.
- Status Bar, terletak pada bagian bawah sebelah kiri. Status Bar menampilkan informasi mengenai jumlah halaman yang sedang aktif, jumlah halaman jumlah kata yang tertulis, dan penggunaan bahasa/proofing.
- Kursor, berbentuk garis vertikal yang berkedip-kedip digunakan untuk menandai dimana tempat teks atau objek tertentu akan diletakkan.
- Sroll Bar, digunakan untuk menggeser halaman lembar kerja ke atas dan kebawah.
- Zoom, digunakan untuk memperbesar atau memperkecil tampilan halaman area kerja.
- Ruller, berupa penggaris yang dapat kita gunakan untuk mengatur margin halaman dan membuat tabulasi. Penggunaan satuan ukuran seperti inchi , centimeter, milimeter, point atau pica dapat kita sesuaikan dengan kebutuhan kita. Ruller terdiri dari dua macam, yaitu ruller vertikal dan horizontal.
- Document View, mengubah tampilan dokumen dengan cepat ke tampilan Print Layout, Full Screen Reading, Web Layout, Outlite dan Draff.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar